Mengenal Bacaan Ikhfa' Haqiqi

Label: ,

Sudahkah kamu hafal rukun iman?

Iman kepada kitab Allah merupakan rukun iman yang ke 3. Kitab suci umat Islam adalah Al Quran. Allah menurunkan Al Quran kepada Nabi Muhammad agar dibaca manusia dan dijadikan pedoman dalam kehidupan di bumi. Pernahkah kamu membaca Al Quran?
Dalam membaca Al Quran, kita dituntut untuk membacanya sesuai kaidah tajwid,  tartil dan fasih. Tajwid adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membaca huruf-huruf Al Quran. Di antara materi dalam ilmu tajwid adalah hukum bacaan nun sukun. Hukum bacaan nun sukun jika bertemu dengan huruf hijaiyyah ada 5 macam, yaitu izhar halqi, idgom bi gunnah, idgom bila gunnah, iqlab, dan ikhfa’ hakiki. Di sini kita akan mempelajari tentang bacaan ikhfa’ haqiqi.
Secara bahasa ikhfa' artinya samar atau sengau. Haqiqi artinya sungguh-sungguh. Ikhfa' haqiqi adalah jika ada huruf nun sukun (نْ) atau tanwin (َ  ِ  ُ  ) bertemu dengan huruf ikhfa' haqiqi.  Jika kita menemukannya dalam Al Quran maka cara membacanya dengan samar-samar.
Huruf ikhfa' hakiki ada 15, yaitu ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ ف ق ك . Atau dengan kata lain, huruf ikhfa’hakiki adalah selain huruf izhar, idgam bi gunnah, idgam bila gunnah, dan iqlab.
Berikut ini adalah beberapa contoh bacaan ikhfa’ hakiki. Dibaca secara benar, ya!
  •  جَنَّتٍ تَجْرِيْ
  •  فَانْطَلِقُوْا
  • وَتَنْسَوْنَ
  •  فَانْصُرْنَا
Jika  kamu telah mempelajari materi Ikhfa'hakiki dengan sungguh-sungguh, silahkan kerjakan Soal Ikhfa' Haqiqi untuk menguji pemahaman kamu!

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar