Bagaimana Cara Menyayangi Hewan?

Label:

Apakah kamu memelihara hewan di rumah? Memelihara hewan banyak manfaatnya. Dengan memelihara hewan berarti kamu telah berlatih tanggung jawab dan menyayangi sesama makhluk ciptaan Tuhan. Hal ini tentu banyak pahalanya. Bagaimana cara memelihara hewan yang benar?


1. Membuat Kandang Hewan
Hewan memerlukan tempat tinggal. Akan tetapi ada juga hewan yang tidak memerlukan kandang khusus, misalnya kucing. Meskipun demikian, kucing akan merasa nyaman jika dibuatkan tempat tidur khusus. Tempat tidur kucing dapat dibuat dari kardus yang diisi kain bekas. Jika kamu memelihara ayam, akan lebih baik jika dibuatkan kandang. Hal ini bertujuan agar kotorannya tidak bertebaran di sembarang tempat.
Beberapa hewan tertentu seperti ikan dan kura-kura perlu tempat tinggal khusus. Kamu dapat memelihara ikan dan kura-kura di kolam atau akuarium. Kolam atau akuarium perlu dibersihkan dengan rutin. Kamu harus selalu memperhatikan kebersihan kandang hewan peliharaanmu. Ini untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan hewan. Selain itu juga untuk mencegah timbulnya penyakit yang dapat menular ke manusia.


2. Memberi Makanan yang Sesuai
Hewan juga membutuhkan makanan. Kamu harus tahu makanan yang sesuai bagi hewan itu. Contohnya kelinci dan kambing memakan daun-daunan. Kucing dan anjing memakan daging. Ayam dapat memakan berbagai jenis makanan. Adapun burung memakan biji-bijian atau buah-buahan.


3. Menjaga Kebersihan Tubuh Hewan
Kutu dan penyakit hewan dapat berpindah ke tubuh manusia. Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkan tubuh hewan peliharaanmu. Hewan yang berambut dan berbulu mudah sekali dihinggapi kutu. Hewan piaraan memberi kita kesenangan dan rasa sayang. Sebaliknya, ia butuh makanan, perlindungan dan perawatan dari kita. Hewan piaraan jinak dan dipelihara karena bersahabat atau menarik. Sekitar 11.000 tahun yang lalu manusia purba menjinakkan hewan untuk mendapatkan susu dan daging. Orang mesir kuno menjinakkan kucing bahkan singa untuk dijadikan teman. Saat ini hewan dipelihara dengan berbagai macam tujuan. Beberapa hewan dipelihara untuk diambil telurnya. Contoh ayam dan bebek. Ada pula hewan yang dipelihara untuk diambil dagingnya. Contoh sapi,   kambing, ayam, dan ikan. Selain itu, ada juga hewan yang dipelihara untuk diambil susunya. Contohnya sapi. Hewan-hewan di atas disebut hewan ternak. Adapun tempat pemeliharaan hewan ternak dalam jumlah besar disebut peternakan. Sedangkan tempat untuk memelihara ikan disebut perikanan.

4. Menjaga kesehatan hewan piaraan
Sebagaimana manusia, hewan pun bisa terjangkit penyakit. Penyakit yang menjakit hewan di antaranya adalah flu burung. Jenis hewan yang berpotensi terjangkit flu burung adalah hewan unggas seperti itik, burung dan sebagainya. Untuk menghindari penyakit ini hewan piaraan kita sebaiknya diberi vaksin untuk menambah kekebalan tubuhnya.


5. Tidak menyakiti hewan piaraan
Pernahkah kamu melihat sabung ayam? Bagaimana perasaanmu jika melihatnya? Sabung ayam termasuk perbuatan yang menyaiti hewan. Selain ayam, hewan yang sering diadu biasanya adalah kambing, jangkrik maupun ikan cupang. Jika kita punya hewan peliharaan sebaiknya kita menghindari perbuatan tersebut.
Apakah kamu suka bermain bulu tangkis? Apakah kamu pernah melihatnya? Permainan bulu tangkis menggunakan shuttle cock. Shuttle cock terbuat dari bulu itik. Di daerah pedesaan sering ada para tengkulak berkeliling desa yang akan membeli bulu itik. Itik-itik tersebut ditangkap kemudian dijabuti bulu sayapnya. Itik-itik itupun berontak karena kesakitan. Perilaku seperti ini sebaiknya kita hindari sebab tidak mencerminkan perilaku menyayangi hewan.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar